Ketahui Hal-Hal Berikut Sebelum Kamu Mengaku sebagai Pecinta Musik

jenis alat musik

Bicara soal musik pasti semua orang memiliki selera yang berbeda-beda. Musik memiliki banyak variasi. Perbedaan yang terdapat pada jenis musik dapat dilihat dari cara alat musik dimainkan, tipe suara yang dihasilkan, hingga fungsi musik itu sendiri. Perkembangan musik saat ini memperlihatkan variasi musik yang cukup pesat. Musik mulai dimengerti oleh banyak orang dan semakin diminati. Hal itulah yang membuat musik semakin bervariasi di dunia yang modern ini. Selain itu, musik selalu mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat, baik yang memang menekuni dunia musik maupun tidak.

Bagi kamu yang hendak mempelajari berbagai hal tentang musik, kamu harus tahu bahwa musik dapat dikategorikan berdasarkan tiga hal, yaitu berdasarkan cara memainkannya, sumber bunyinya, dan terakhir fungsinya.

Pertama, akan dibahas mengenai cara memainkan alat musik. Memang banyak sekali alat yang bisa menghasilkan musik. Bahkan setiap alat pasti dapat menghasilkan musik selama alat itu dapat mengeluarkan musik. Lalu bagaimana cara memainkan alat musik itu sendiri?

Cara memainkan alat musik bisa dengan cara digesek. Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara digesek adalah biola, cello, dan rebab.

Kemudian alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup, antara lain seruling, harmonika, tuba, klarinet, terompet, dan saksofon.

Cara selanjutnya adalah dipukul. Adapun alat musik yang dimainkan dengan dipukul adalah gong, kenong, kolintang, dan rebana.

Kemudian alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, antara lain gitar, bass, mandolin, harpa, kecapi, sasando, siter, dan ukulele.

Lalu ada alat musik yang dibunyikan dengan cara ditekan, yaitu piano, organ, dan keyboard. Terakhir, alat musik yang dimainkan dengan digetarkan, contohnya angklung dan marakas.

Baca Juga :  Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Organik Sederhana

Kedua mengenai sumber bunyi yang dihasilkan oleh alat musik. Ada beberapa sumber bunyi yang dihasilkan masing-masing alat musik.

Pertama, aerophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya dari udara. Biasanya jenis alat musik ini menghasilkan bunyi dengan cara ditiup seperti flute, seruling, dan sebagainya, atau dengan cara dipompa seperti akordin.

Kedua, idiophone, yaitu musik yang dihasilkan dari batangan logam atau kayu yang dipukul. Contohnya seperti angklung dan gamelan.

Ketiga, elektrphone, merupakan sumber musik yang berasal dari perangkat elektronik, seperti keyboard, gitar elektrik, dan bass.

Keempat, membraphone, merupakan bunyi yang dihasilkan dari getaran pada kulit atau plastik yang dipukul. Sumber bunyi ini dapat ditemukan pada alat musik tamborin, rebana, ketipung, dan sebagainya.

Terakhir adalah chordophone, yaitu alat musik yang bunyinya berasal dari rangkaian bunyi yang bergetar karena dipetik, digesek, atau ditekan.

Selain sumber musik, ada pula jenis musik berdasarkan fungsinya. Berdasarkan fungsinya, alat musik dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu melodis, ritmis, dan harmonis.

Melodis berarti alat musik yang dipakai demi menghasilkan nada atau disebut juga sebagai melodi. Kamu dapat menghasilkan melodi melalui alat musik seperti seruling, pianika, harmonika, terompet, dan lain sebagainya.

Selanjutnya alat musik yang menghasilkan ritmis. Dari namanya sudah dapat dipastikan bahwa alat musik yang satu ini dapat menciptkan ritme atau irama saat dimainkan. Beberapa contohnya adalah ketipung, bass, drum, dan kendang.

Terakhir adalah alat musik untuk menghasilkan sebuah musik yang harmonis. Jenis alat musik yang dapat menghasilkan paduan nado menjadi indah ini bisa kamu dapatkan saat memainkan gitar, piano, keyboard, organ, dan sebagainya.

Itulah pengetahuan mendasar mengenai alat musik. Sebelum bisa memainkan salah satunya, kamu juga harus tahu fungsi, sumber suara, dan cara memainkannya, ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  3 Anime Comedy Inspiratif Kocak yang Akan Mewarnai Hari-Harimu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *