Jenis Tanaman Hias Outdoor Tahan Panas dan Hujan

jenis tanaman hias outdoor

Tanaman hias adalah segala tanaman yang digunakan untuk menghias rumah agar tampak indah. Tanaman hias ini tidak harus berupa bunga. Bisa juga tanaman tanpa bunga yang memang bagus untuk ditanam sebagai tanaman hias. Ada yang ditanam di dalam ruangan, ada juga yang diluar ruangan.

Tidak semua jenis tanaman hias outdoor bisa tahan panas dan hujan. Ada beberapa tanaman hias yang hanya bisa hidup di dataran tinggi yang berhawa dingin. Maka dari itu, jika ingin menanam tanaman hias, perhatikan dulu tempatnya. Apakah termasuk berhawa panas atau dingin.

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman hias outdoor tahan panas dan hujan yang bisa jadi reverensi bagi kita yang sedang berencana membuat taman kecil di luar rumah :

1.       Kaktus

Di antara sekian jenis tanaman hias outdoor yang paling tahan panas adalah kaktus. Karena habitat asli kaktus di padang pasir yang jarang kena air dan hujan. Kaktus bisa tumbuh ditempat kering sekalipun. Karena kaktus mempunyai akar yang panjang sehingga bisa mencari air tanah lebih jauh daripada tanaman lainnya.

Selain itu, kaktus juga mempunyai daun yang mirip seperti duri sehingga mampu mengurangi penguapan air melalui daun. Selain tahan panas, bentuk kaktus yang beraneka macam indahnya cukup layak untuk bisa dijadikan tanaman hias di halaman rumah.

2.       Cemara

Cemara adalah salah satu pohon hias yang tahan di segala musim. Habitat asli pohon ini sebenarnya di hutan. Tapi, karena bentuk pohonnya yang indah, banyak ditanam di halaman rumah sebagai salah satu tanaman hias. Cemara ini sebenarnya banyak jenisnya. Namun yang paling banyak ditanam adalah jenis cemara natal.

3.       Thunbergia

Baca Juga :  Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Organik Sederhana

Thunbergia adalah salah satu jenis tanaman hias outdoor yang banyak dimanfaatkan untuk taman vertikal. Karena jenis dahannya yang menjuntai indah. Tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari untuk bisa tumbuh dan berbunga dengan sempurna. Warna bunganya ada yang berwarna putih, dan ada juga yang berwarna ungu.

4.       Bunga Kamboja

Kamboja adalah bunga yang terkenal sebagai bunga kuburan. Karena banyak ditanam di area pemakaman. Namun seiring berjalannya waktu, kamboja banyak dimanfaatkan sebagai jenis tanaman hias outdoor. Ada banyak warna bunga kamboja. Ada yang putih, pink, ungu, ataupun kuning.

Kamboja banyak tumbuh di daerah dataran rendah. Tapi bagi kita yang tinggal di dataran tinggi, bisa juga menanam tanaman ini. Asalkan di bawah sinar matahari yang cukup.

5.       Bunga Bougenville

Jenis tanaman hias bunga outdoor selanjutnya adalah bunga bougenville. Atau ada sebagian orang menyebutnya bunga kertas. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Karena banyak tumbuh di halaman rumah sebagai tanaman hias. Memelihara bunga bougenville tidaklah sulit. Karena sifatnya tahan panas. Hanya perlu disiram air secara teratur pagi dan sore.

6.       Sanseviera

Lebih familiar dengan sebutan lidah mertua. Karena bentuk daunnya yang keras dengan ujung runcing. Memelihara sanseviera tidaklah sulit. Karena mudah beradaptasi dengan lingkungan. Bisa tumbuh subur baik di tempat lembab ataupun kering sekalipun. Jenis tanaman hias outdoor ini banyak ditemukan di Indonesia.

jenis tanaman hias outdoor

7.       Jengger Ayam

Jengger ayam adalah jenis tanaman hias outdoor yang mudah dirawat. Tanaman yang punya nama ilmiah celosia cristata ini mempunyai bunga seperti jengger ayam. Maka dari itu lebih dikenal dengan nama jengger ayam. Akan sangat mudah beradaptasi dan tumbuh subur di tempat yang banyak terkena sinar matahari.

Baca Juga :  Ketahui Hal-Hal Berikut Sebelum Kamu Mengaku sebagai Pecinta Musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *